Selasa, 25 September 2018

Kebun Binatang Mini di TPA Margorejo Pati

Akhir pekan kemarin kami sekeluarga sebenarnya hanya berniat untuk istirahat di rumah saja. Namun, si mas merengek sama papa untuk pergi jalan-jalan. Akhirnya papa merekomendasikan satu tempat yang belum pernah kami kunjungi.



Setahuku di Pati tidak ada kebun binatang. Papa mendapatkan informasi bahwa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pati katanya ada kebun binatang mini. "Anak-anak pasti suka ma," perkataan papa itu kusetujui. Apalagi si kecil putri kami baru suka dengan lagu-lagu anak-anak bernuansa hewan. Cocok nich.

Akhirnya, setelah sarapan, kami pergi ke daerah Margorejo Pati. Lewat gapura merah desa Sukoharjo sebelum rumah sakit KSH. Kami menuju tempat pembuangan akhir kurang lebih 5 km dari jalan raya pantura . 

Ini kali pertama kami ke TPA. Hanya dengan membayar parkir Rp 2000,- (motor), kami bisa masuk ke arena kebun binatang mini di TPA Pati ini. Kesan pertama sampai di tempat tersebut adalah suasana sejuk. Pohon-pohon randu menjulang tinggi menyumbang suasana sejuk di arena bermain anak-anak. Anak-anak langsung hepi karena masuk sudah di sambut dengan suara ayam berkokok, dan terlihat kandang burung di pintu masuk.



Apa hanya ayam dan burung sajakah koleksi binatang di TPA ini? Ooooo... tentu tidak bunda. Koleksi binatang meski cuma beberapa cukup membuat buah hati kita ceria. Seperti anak-anakku yang antusias ketika melihat ular dan rusa.

Koleksi Binatang TPA Pati

1. Ular
Binatang pertama yang dilihat oleh anak pertamaku adalah ular. Terdapat dua ekor koleksi ular di kebun binatang mini ini.


2. Musang
Koleksi kedua adalah musang. Musang yang ada di TPA ini ada dua ekor. Namun, kondisinya terlihat kurang sehat atau mungkin perasaan kami saja 😀


3. Burung
Koleksi ketiga adalah burung. Terdapat beberapa macam jenis burung diantaranya burung merpati, hantu, nuri, dan lain-lain.


4. Merak
Mas kaka anak sulungku antusias sekali ketika melihat merak. Maklum ini kali pertama dia melihat merak. Koleksi merak TPA ada beberapa ekor.


5. Monyet
Koleksi kelima adalah monyet. Monyet-monyet ini terlihat galak sehingga membuat putri kecil kami takut.


6. Ayam
Koleksi selanjutnya adalah ayam. Ada ayam jago dan betina yang jumlahnya puluhan.

7. Rusa
Inilah hewan yang populer di kebun binatang mini milik TPA Pati. Pengunjung bisa ikut memberi makan rusa-rusa yang ada di TPA ini. 


8. Kura-kura
Koleksi selanjutnya adalah kura-kura. Sayangnya kami tak sempat mengabadikan gambar si kura-kura.

Fasilitas TPA Pati

Selain memanjakan anak dengan koleksi binatangnya, TPA Pati juga memiliki beberapa fasilitas lho.

1. Toilet
Ada beberapa toilet tersedia di TPA ini. Jadi, jangan khawatir untuk buang air. Namun, perlu catatan bagi pengelola karena kondisi toilet yang sedikit kumuh.

2. Tempat Sampah
Nah, ini juga penting lho tempat sampah. Ada empat macam tempat sampah tersedia di beberapa titik. Namun, kebiasaan orang Indonesia membuang sampah sembarangan memang sulit dihilangkan. Buktinya masih banyak sampah plastik bungkus jajan berserakan.



3. Musholla
Terdapat musholla di dekat pintu masuk. Jadi, kita tak perlu jauh-jauh mencari masjid ketika waktu sholat tiba.

4. Taman Baca
Taman baca di area TPA ini meski kecil memiliki cukup banyak koleksi buku. Anak sulungku langsung mengambil dua buku untuk di baca. Jangan lupa mengisi buku kunjungan ya...


5. Arena Bermain
Arena bermain ada di beberapa titik. Pertama dekat taman baca, kedua dekat kandang ular, ketiga dekat kandang ayam, keempat sekitar kandang rusa.


6. Kantin
Fasilitas selanjutnya adalah kantin. Selain kantin ada juga pedagang kojek, sate, es krim, dan lain-lain.

Saran Buat Pengelola


Ini hanya sekedar saran untuk pengelola kebun binatang mini. Kami warga pati sangat senang ada suguhan murah meriah di Pati berupa kebun binatang mini. Namun, kondisinya cukup memprihatinkan karena kandang yang tak terawat, banyak sampah, pagar yang sudah rusak. Semoga bisa dibenahi agar menambah kebahagiaan anak-anak kita.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar